Monday, October 5, 2015

Mengenang Sejarah di Benteng Van Der Wijck

Jauh sebelum menjadi tempat wisata keluarga, benteng Van Der Wijck merupakan bangunan kuno yang terlihat angker dan menyeramkan. Dengan cat tembok yang kusam dan banyak yang terkelupas semakin menambah kesan angker. Apalagi tempatnya yang menyempil ke dalam dan dikelilingi rumah tua yang dipakai sebagai rumah dinas tentara. Jaman dulu di bagian depan gerbang masuk dijaga oleh banyak tentara, karena daerah itu masuk wilayah Dodik secata Gombong.
Meskipun dalam penjagaan tentara tapi benteng Van Der Wijck terbuka untuk masyarakat umum. Jaman dulu banyak anak kecil yang bermain dan berlarian diatap benteng, tiap minggu di salah satu ruangan di lantai 2 dipakai buat latihan karate.
Benteng persegi delapan yaang dibangun tahun 1827 itu kini telah menjadi wisata keluarga. Sambil naik kereta yang berjalan di atas benteng akan terlihat kemegahan benteng dan keindahan alam di sekitarnya. Terlihat lapangan Turangga Seta, tempat berlatihnya siswa secata Gombong. Memang menurut riwayat, benteng seluas 7.168 M itu dulunya selain berfungsi sebagai markas pertahanan Belanda juga sebagai tempat pendidikan militer. Bahkan mantan presiden Soeharto juga pernah berlatih di sana.
Di bagian luar benteng, tepatnya di depan gerbang masuk sebelah selatan terdapat kolam renang Tirta Manggala, adalah kolam renang kuno peninggalan Belanda. Kolam renang itu sering dipakai berlatih tentara, tapi juga terbuka untuk umum, bahkan berbagai sekolah di Gombong melaksanakan ekstrakurikuler renang di Tirta Manggala. Masyarakat sekitar menyebut kolam renang Tirta Manggala dengan nama Slembat, entah dari bahasa mana dan apa artinya saya tidak tahu. Kolam renang itu jaman dulu terkenal dengan keangkerannya. Tapi semenjak benteng Van Der Wijck direnovasi dan menjadi tempat wisata, kolam renang yang dulunya seram dan tidak terawat menjadi bagus dan hilang kesan angkernya.
 
 http://pesonakotaseribuwalet.blogspot.co.id/2013/05/mengenang-sejarah-di-benteng-van-der.html

No comments:

Post a Comment